Kamis, 19 Januari 2012

Laporan Perakitan PC

Mother board
MOTHERBOARD
Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen-komponen komputer lainnya seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya. Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifikasi-nya masing-masing, spesifikasi seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh motherboard tersebut.
Fungsi Motherboard
Secara umum, motherboard mempunyai fungsi berikut ini :
  • Organisasi, mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer
  • Kontrol, di dalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS yang berfungsi mengatur data komponen komputer lain.
  • Komunikasi, hampir semua komunikasi harus melalui motherboard. 
PROCESSOR
Jika sebuah komputer diibaratkan sebagai seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan. Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah socket AM2, socket LGA 775, atau lain sebagainya.
Fungsi Processor
Fungsinya adalah memproses semua informasi dari input komputer yaitu mouse, keyboard, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam translator gampangnya. Karena fungsinya begitu besar, memilih prosesor dalam membangun suatu sistem sangat penting. Coba di arrange akan di pakai apa PC tersebut, Server, Gaming, Workstation, Multi Proses, Editing, Administrasi, Atau cuma sekadar punya saja.
RAM
RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random. Sebelum membeli sebuah RAM kalian harus mencari tahu terlebih dahulu slot RAM apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah SDRAM, DDR, DDR2, atau lain sebagainya.
Fungsi Memory/RAM
Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya. 

HARDDISK
Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas hard disk yang kita miliki di komputer kita maka semakin banyak juga data yang bisa kita simpan di komputer kita tersebut. Sebelum membeli hard disk kalian harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE, SCSI, SATA, atau lain sebagainya.
Fungsi Hardisk
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen. Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan.
OPTICAL DISK DRIVE

Dalam dunia nyata, "optik" mengacu pada visi, atau kemampuan untuk melihat. Dalam dunia komputer, bagaimanapun, "optik" mengacu pada laser, yang bisa "melihat" dan membaca data pada cakram optik. Disk ini termasuk CD dan DVD, yang terdiri dari jutaan benjolan kecil dan dips. Optical drive memiliki laser yang membaca benjol dan dips sebagai satu dan nol, yang komputer dapat mengerti.

Fungsi Optical Disc Drive
Untuk melakukan berbagai tugas seperti membaca data dari komputer dan mendengarkan audio.

POWER SUPPLY
Ibarat sebuah mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer pun tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU (Power Supply Unit) ini. Power supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk mensuplai arus listrik ke komponen-komponen komputer lainnya seperti motherboard, hard disk, optical disk drive, dan lain sebagainya.
Fungsi Power supply
Fungsi dasar dari power supply adalah mengubah jenis daya listrik yang tersedia di stopkontak, 120 volt, 60 Hz, menjadi arus komputer dapat digunakan, +5 dan +12 volt DC saat ini. Biasanya komponen elektronik digital dan sirkuit di komputer, seperti motherboard, kartu adaptor, dan papan disk drive logika, gunakan +5 volt power, dan kipas dan motor disk drive menggunakan daya +12 volt. Untuk komputer untuk berjalan dengan baik, pasokan dari kedua jenis arus harus diberikan setiap saat.

HSF (Heat Sink Fan)
Komponen CPU yang dipakai untuk meminimalisasi panas. Biasanya terbuat dari aluminium. Pemakaian fan aktif sebagai pengusir panas dari heatsink. Dengan chipset yang tetap dingin, akan meningkatkan performa kerja komputer.


Slot
Tempat untuk menaruh perangkat tambahan peripheral pada motherboard. Misalnya slot AGP untuk video card, slot ISA slot DIMM untuk memory module, dan seterusnya.



Socket
Hampir sama dengan slot, hanya saja biasa berupa dudukan processor, berupa hamparan matriks dua dimensi. Ma singmasing produsen dan jenis processor memiliki jumlah pin yang berbeda. Misal: Socket A (462 pin), Socket 754, Socket 939, Socket AM2 (940 pin) pada processor AMD.




 CASING

Casing komputer adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi sebagai tempat kita meletakkan atau menempelkan motherboard, power supply, optical disc drive, hard disk, dan lain sebagainya. Casing komputer ini dibedakan berdasarkan ukurannya yang sering disebut juga sebagai form factor (seperti ATX dan Micro ATX) dimana form factor ini mengacu kepada form factor motherboard yang didukungnya.

Fungsi Casing 
  • Melindungi berbagai komponen di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja
  • Casing juga menjadi penting karena hampir semua periferal macam motherboard, CD-ROM drive, harddisk, dan floppy drive menggunakan casing ini sebagai tempat dudukannya alias tempat bekerjanya sehari-hari.
  • Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang pun, menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu dalam CPU.
  • Casing PC yang juga amat penting adalah sebagai tempat dudukan tombol-tombol maupun lampu-lampu.
  • Casing juga punya tugas penting yaitu sebagai “kediaman” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.











PERAKITAN KOMPUTER
Peralatan Pendukung
Untuk melakukan perakitan, maka kita membutuhkan
peralatan-peralatan sebagai berikut.
a. Obeng
b. Casing
c. Motherboard
d. Processor
e. Hardisk
f. Optical Disk Drive
g. Baut
h. Kabel SATA
i. Power Supply
j. Speaker
k. Memory

Perakitan:
1.      Letakkan motherboard pada tempat yang datar atau di atas casing ( aman )
Pasang processor pada motherboard, sebaiknya pemasangan processor di luar casing.Cara ini di lakukan guna memudahkan dalam pemasangan
2.      Pasang RAM ( Memory ) pada tempat yang tersedia di motherboard.
Setelah komponen yang seharusnya terpasang di motherboard, siapkan cassing untuk
memasang motherboard.
3.      Sebelum memasang motherboard perhatikan titik – titik yang terdapat dalam casing
yang berguna untuk memasang baut sebagai dudukan
4.      Masukkan motherboard pada casing secara perlahan.
5.      Kemudian pasang baut yang telah di sediakan di motherboard.Guna Motherboard tidak
bergeser dan tidak jatuh pada saat posisi casing berdiri.
6.      Pasang konector Powwer Supplay pada slot yang telah ada pada motherboard.
7.      Jika anda ingin memiliki tampilan gambar yang lebih baik lagi, yang perlu anda
lakukan yakni menambah VGA card pada slot VGA yang telah ada di motherboard.
8.      Sebelum anda memasang HDD dan optical drive yang perlu anda perhatikan terlebih
dahulu yakni jumper yang berada di belakang HDD dan optikal drive.HDD sebagai
master dan optical drive sebagai slave.jika keduanya sama- sama master atau slabe
maka salah satunya tidak terdetek.
9.      Pasang HDD pada casing serta kencangkan bautnya.
10.  Pasang optical drive pada casing serta kencangkan bautnya.
11.  Jika anda masih menggunakan floppy, pasang floppy pada casing serta kencangkan
baut yang berada pada kiri dan kanan floppy.
12.  Jika telah terpasang langkah selanjutnya yakni memasang kabel ID yang berada
dibelakang HDD,optical drive dan floppy.
13.  Pasang kabel power yang yang tersambung antara Powwer Supplay dan HDD,optical
drive dan floppy.
14.  Pasang panel – panel yang yang tersambung antara casing dan motherboard.( power
sw,reset sw,power led,HDD led ).Liaht petunjuk pada buku manual bawaan dari
Motherboard.
15.  Tutup casing kemudian kencangkan bautnya.
16.  Kemudian pasang mouse,keyboard,kabel monitor,dan kabel power pada bagian
belakang CPU.
17.   Setelah seluruhnya terpasang dengan baik maka lakukan pengujian tampil
sebelummelakukanpenginstalanOS.


Kesimpulan:
1. Dapat mengetahui komponen-komponen dalam komputer beserta fungsi-fungsinya.
2. Merakit sendiri komputer

0 komentar:

Posting Komentar